Jumat, 19 Maret 2010

Apa itu Kreativitas


Persepsi apa yang muncul dikepala anda ketika mendengar kata-kata kreativitas ? Terbayang seorang anak yang aktif dan nakal sehigga dinamakan anak kreatif, atau terbayang oleh kita seorang penemu yang membuat sebuah alat baru seperti sosok Thomas Alfa Edison atau Prof.Sedyatmo yang menemukan konstruksi cakar ayam. Terlalu banyak cara bagi setiap orang untuk memandang kreativitas. Itu bisa mengacu kepada suatu lingkungan tertentu yang memicu proses kreativitas, dan juga bisa mengacu kepada pertanyaaan apakah kreativitas merupakan produk kerja otak semata atau sebuah proses total dari aspek fisik dan mental kita ? Apakah kreativitas selalu berhubungan dengan bentuk kelauaran yang terukur dan berbentuk ?
Kreativitas bisa didefiniskan sebagai ; sebuah proses bermain-main dengan ide dengan menggunakan imajinasi dan kemungkinan-kemungkinan yang mengarah kepada suatu hasil atau hubungan baru yang bermakna, ketika berinteraksi dengan suatu ide, orang, dan lingkungan.
Menurut Ned Hermann (pengarang buku Creative Brain) definisi dari kreativitas adalah ;

My own thinking is that creativity in its fullest sense involves both generating an idea and manifesting it-making something happen as a result. To strengthen creative ability, you need to apply the idea in some form that enables both the experience itselft and your own reaction and others to reinforce your performance. As you and others applaud your creative endeavors, you are likely to become more creative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar